10 Sepeda Motor Terbaik 2014

Ducati Monster 1200. (Foto: Ducati)

Tahun 2014 sudah hampir memasuki bulan keempat, tapi para pencinta sepeda motor khususnya, mungkin belum semua yang sadar akan banyaknya sepeda motor keren yang dirilis tahun ini. Sepeda-sepeda motor yang berasal dari beragam produsen itu rata-rata adalah model termutakhir, tentunya dengan spesifikasi dan kemampuan prima.
Berikut daftar 10 sepeda motor keren rilisan terbaru tersebut, sebagaimana dihimpun situsCycleworld.com. Sebagian di antaranya sudah pernah ditulis atau menjadi bagian pemberitaan di kanal ini, seperti produknya Ducati dan juga Harley, namun sebagian lainnya belum. Silakan bagi yang berminat dan punya cukup uang untuk langsung antre mendapatkannya, atau silakan bermimpi dulu bagi yang belum mungkin memilikinya.
1.BMW R nineT
Produk R nineT ini disebut khusus diluncurkan demi merayakan HUT ke-90 BMW Motorrad. Spesial untuk produk ini, BMW memilih menggunakan mesin boxer 1170cc versi air-cooled danoil-cooled, ketimbang mesin liquid-cooled yang lazim di produk lainnya. Motor ini baru mulai dijual Maret.
2.Ducati Monster 1200
Seri Monster memang sudah lama (20 tahun) menjadi andalan Ducati, sekaligus juga sukses. Kini, model terbarunya dirilis dengan menggunakan mesin Testastretta 1198 liquid-cooled 11 derajat. Ada dua versi yang dirilis, yaitu Monster 1200 yang berharga 13.495 dolar AS (Rp154 jutaan), serta versi S yang ada di angka 15.995 dolar AS (Rp182 jutaan).
3.Harley-Davidson Street 750 dan 500
Sebagai model yang sama sekali baru keluaran Harley dalam 13 tahun terakhir, Street tentunya punya makna sangat penting. Ini adalah model yang sengaja diarahkan Harley untuk (calon) pembeli muda di seluruh dunia, yang juga mereka sebut sebagai “jalur menuju masa depan”. Bermodalkan mesin V-twin liquid-cooled 60 derajat terbaru, motor ini diposisikan sebagai “tunggangan keren perdana”-nya anak muda.
4.MV Agusta Turismo Veloce 800
Bos MV Agusta memberikan analogi menarik terkait motor ini, yang menurutnya membedakan dari produk milik BMW yang diisukan sebagai modelnya. “Bagi kami, motor BMW GS itu seperti Range Rover. (Sementara) Dengan Turismo Veloce 800, kami berkeinginan menciptakan sebuah Porsche Panamera,” ujarnya. Menggunakan mesin 798cc triple-nya yang biasa, MV Agusta melengkapi motor ini dengan kontrol dari MVICS electronics.
5.BMW R1200RT
Hampir semua bagian dari motor tur big boxer milik BMW ini adalah baru. Salah satu yang terpenting adalah rangka utamanya yang lebih kuat. Kemudian, struktur segitiganya yang terdiri dari setang, tempat duduk dan pijakan kaki, posisinya turun sampai 20mm, yang membuat pengenndara dengan postur kecil pun mudah menaikinya. Penyesuaian pada mesin 1170cc air-cooled dan liquid-cooled yang digunakan juga disebut membuatnya kian tangguh, nyaris tak mungkin mogok.
6.KTM RC390
Bermesin tunggal 4-tak 373cc dengan kekuatan mencapai 43 tenaga kuda, motor ini bisa dikatakan sudah siap dipacu di lintasan, maupun juga di jalan raya. Dibantu oleh keunggulan geometri sasisnya, plus suspensi WP dan rem-rem yang andal, motor ini bahkan sudah bisa disebut sebagai tipe Moto3 versi jalanan.
7.Honda Valkyrie
Produk ini disebut sebagai upaya Honda untuk kembali menghadirkan motor penjelah kelas berat. Menggunakan mesin 6 silinder liquid-cooled 1832cc, motor ini dikatakan bakal mampu berakselerasi bagaikan kucing. Berpenampilan cenderung lebih modern ketimbang produk lainnya, terutama berkat LED di semua lampu dan instrumen LCD-nya, Valkyrie disebut akan resmi dirilis April ini.
8.Ducati Superleggera
Ini sebenarnya tidak termasuk produk massal, karena konon hanya diproduksi sebanyak 500 unit saja. Kendati begitu, Ducati Superleggera yang dalam bahasa Italia berarti juga “super-ringan”, disebut-sebut sebagai salah satu motor sport ideal. Tidak ketinggalan dalam teknologi, sementara tetap mempertahankan ketangguhan bahan-bahan produk Ducati (seperti keberadaan titanium), motor bermesin V-twin 1198cc ini dinyatakan pantas dikoleksi para pencinta, walau berbanderol 65.000 dolar AS (Rp742,5 juta) per unitnya.
9.Motus MST & MST-R
Pasangan model motor Amerika buatan Alabama ini disebut memiliki putaran mesin puncak 5800 rpm, serta diklaim setidaknya bisa melaju di jalanan hingga putaran 3000 rpm pada persneling tertinggi, dengan kecepatan mencapai 70 mph (112,65 km per jam). Tipe standarnya (MST) diklaim memiliki 160 tenaga kuda, sementara MST-R bisa menghasilkan 180 tenaga kuda.
10.Honda CBR1000RR SP
Produk Honda satu ini (CBR1000RR) mungkin memang tak bisa disebut sebagai motor tercepat atau juga yang paling canggih dalam beberapa tahun terakhir, namun tetap saja banyak disukai. Menariknya, versi SP ini bahkan akan membuat banyak orang lebih suka, antara lain karena menggunakan suspensi Ohlins, rem depan Brembo, hingga ban Pirelli (Diablo Supercorsa SCs). Ini sebenarnya hal yang tak lazim bagi tipe CBR, namun mungkin juga yang satu ini adalah pengecualian, dengan label harga yang disebut mencapai sekitar 17.000 dolar AS (Rp194 jutaan). [Cycleworld.com]

10 Sepeda Motor Terbaik 2014 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown